Selasa, 30 Agustus 2016

Istilah di Dunia Ngeblog

Kemarin sudah sudah disinggung, bahwa ngeblog harusnya menjadi kegiatan seorang homesteader. Tapi tidak semua homesteader, terutama homesteader indonesia mengenal secara lebih mendalam dunia blogging atau internet.

Berikut beberapa istilah yang ada di dunia blogging atau internet:
1. Blog
Blog itu nama lain dari website, tetapi secara umum orang melihat bahwa website cenderung ke profil perusahaan atau aplikasi tertentu. Sedangkan blog lebih ke arah fungsi catatan harian, berita atau artikel yang sifatnya refresh atau berkelanjutan. Orang yang suka ngeblog disebut blogger. Kegiatan ngeblognya disebut blogging. Kegiatan suka mengunjungi blog/website teman dan kemudian memberikan umpan balik berupa komentar di blog teman disebut blog walking.

2. Domain
Domain nama website/blognya. Bisa berbayar maupun gratis. Cirinya jika berbayar langsung dotcom, net, id, org dan semacamnya. Misalkan alifahrudin.com, kostpurwokerto.com, detik.com.  Sedangkan yang gratisan, nama blog kita menginduk pada website tertentu, misalkan alifahru.blogspot.com. Blog alifahru menginduk pada website blogspot.com.

Domain website dibayar tiap tahun, bukan seumur hidup. Ingat, tanggal pembelian adalah tanggal anda kembali membayar perpanjangan domain. Harga domain sekitar 110 ribu.

3. Hosting
Apa yang kita catat, berita yang dimuat maupun aplikasi yang kita gunakan tentunya harus disimpan. Kalau komputer tentunya disimpan di hardisk atau flasdisk. Kalau internet/website/blog? di Hosting. Kita menyewa pada penyedia hosting file internet. Saya biasanya memakai jasa pembelian domain dan hosting lewat idwebhost.com. Itu yang berbayar. Klo yang gratisan menyimpan di blogger, wordpress dan sebagainya.

Tapi bagaimana jika pingin mempunyai nama blog sendiri yang beli tetapi hostingnya gratis?
Kalau seperti ini namanya custom domain. Seperti blog ini misalnya, nama domain alifahrudin.com adalah berbayar, tetapi berbagai tulisan disini disimpan di blogger.com. Setting hal seperti ini namanya custom domain.

Ayo homesteader indonesia, kita ngeblog untuk sharing ilmu pengetahuan, ketrampilan dan pengalaman memulai dan menjalani kehidupan homesteading.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar