Kamis, 25 Agustus 2016

Memilih Lokasi Tanah Homesteader

Memilih lokasi tanah untuk memulai homesteader merupakan aspek penting yang harus dilalui. Ok, masalah pendanaan untuk pembelian tanah mungkin yang harus dipikir dahulu, tapi menurut saya, dengan sudah ditetapkannya lokasi yang tepat dan cocok dengan hati, maka masalah pendanaan bisa dicarikan solusinya.

Ada beberapa alternatif lokasi tanah homesteader pilihan saya:

1. Di Baturaden Purwokerto
Baturaden adalah daerah yang sejuk dan dingin, sangat cocok untuk kehidupan homesteader. Juga dekat dengan keluarga istri, yaitu Grendeng Purwokerto Utara. Tapi masalahnya, baturaden adalah daerah wisata, harga tanah pasti mahal. Tapi bisa saja daerah sekitarnya lebih murah seperti daerah sumbang, kedungbanten, cilongok, patikraja atau bahkan daerah pegunungan di Purbalingga.

2. Boja Kabupaten Kendal
Boja juga merupakan daerah pegunungan yang sejuk dan dingin seperti halnya baturaden. Daerah ini tentu saja lebih dekat ke keluargaku, yaitu di Podosari Cepiring Kendal. Selain boja sebetulnya ada alternatif lainnya, misalkan Sukorejo dan daerah sekitarnya. Belum tahu harga tanah disana, tapi sepertinya lebih miring dibandingkan harga tanah di Baturaden.

3. Di Podosari Cepiring Kendal
Ada beberapa tanah kebun atau sawah yang masih kosong dan bisa digunakan untuk kehidupan homesteady, dan bisa satu desa dengan keluarga, tapi masalahnya podosari itu panas. Kurang cocok untuk menanam sayuran atau buah tertentu.

Itu saja sih beberapa alternatif pilihan lokasi tanah tempat homesteaderku kelak. Tapi bisa saja, takdir menempatkanku di tempat lain, who knows. Yang jelas lokasi homesteaderku harus terjangkau sinyal telekomunikasi dan internet agar tetap terhubung dengan dunia luar untuk berkomunikasi maupun menggali ilmu dan ketrampilan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar