Selasa, 30 Agustus 2016

Sumber Pangan Mandiri Homesteader

Homesteading adalah kehidupan mandiri yang berkelanjutan. Berbagai kebutuhan hidup berusaha dicukupi sendiri semaksimal mungkin. Salah satu kebutuhan hidup homesteader adalah makanan. Apa yang bisa dilakukan oleh homesteader untuk mencukupi kebutuhan pakannya?

1. Berkebun. 
Dengan hanya investasi beberapa biji, anda dapat menuai panen bahan makanan lebih murah dibandingkan beli di pasar atau toko. Produk segar tidak hanya memberikan nutrisi terbaik tetapi juga memberikan anda keyakinan bahwa makanan bebas kontaminasi berbagai zat kimia yang biasa digunakan untuk membasmi hama. Surplus bisa dijual, diperdagangkan, atau diberikan.

Rencanakan menanam buah-buahan dan sayuran yang akan matang pada waktu yang berbeda sehingga Anda akan memiliki makanan sepanjang tahun.

Menanam kebun rempah sehingga Anda akan memiliki rempah segar kapanpun Anda membutuhkannya. Ketika herbal Anda telah tumbuh, Anda dapat mengeringkan mereka sehingga Anda dapat menggunakannya sepanjang tahun.

Memahami rotasi tanaman. Jika Anda memutuskan untuk menanam tanaman dalam jumlah besar, Anda akan perlu memahami rotasi tanaman agar zat hara yang dibutuhan tanaman tetap ada dan memutus rantai hama.

2. Membangun kandang ayam
 Ayam adalah salah satu hewan ternak yang lebih mudah untuk dikembangkan. Namun, daripada membiarkan ayam Anda berkeliling mau tak mau, Anda membangun sebuah kandang untuk rumah ayam Anda. Kandang terbaik memiliki ruang untuk ayam Anda untuk berkeliaran di sekitar daerah bersarang di mana ayam Anda dapat bertelur. Anda juga bisa mempertimbangkan untuk mengembangkan bebek atau angsa atau entok.

 Anda juga dapat membangun sebuah kandang untuk kelinci. Kelinci adalah hewan ternak relatif mudah untuk diurus. Banyak homesteaders percaya bahwa kotoran kelinci dan kotoran ayam sangat baik sebagai pupuk. 

3. Mempertimbangkan untuk ternak sapi
Tentu saja, Anda hanya dapat melakukan ini jika Anda memiliki lahan yang cukup luas untuk memelihara sapi. Umumnya jumlah minimal lahan yang harus Anda miliki ketika membesarkan sapi adalah salah satu hektar. Manfaat memiliki sapi tidak terbatas. keluarga Anda akan mendapatkan keuntungan dari mengkonsumsi secara segara produk susu benar-benar organik, hewan lain akan lebih sehat karena produk sampingan susu. Tanaman kebun dan sawah anda semakin subur dengan pupuk kandang dari sapi.

Jika Anda memiliki kemampuan dan lahan untuk melakukannya, peliharalah sapi baik untuk diambil susunya maupun daging sapi.

4. Pelihara hewan ternak lainnya
Kambing merupakan ternak yang berkembang cukup baik. Kambing sangat baik karena Anda dapat melengkapi produk susu yang Anda dapatkan dari sapi dengan susu kambing Anda. Kotoran kambing juga bisa dijadikan pupuk.

5. Pelihara lebah. 
Peternakan lebah adalah cara lain yang sangat baik untuk menjadi mandiri. Madu bisa dimakan, sisanya bisa dibuat produk lain (lilin lebah), menjualnya, atau difermentasi.

6. Kalengkan produk segar Anda. 
Hampir setiap buah segar dan sayuran dapat dikalengkan ( meskipun beberapa bekerja lebih baik daripada yang lain) Jika kebun Anda memiliki surplus buah atau sayuran, pengalengan menjadi wahana menyimpannya untuk waktu yang bukan musimnya. Jika Anda berencana untuk melakukan banyak pengalengan, akan lebih bijaksana untuk berinvestasi dalam alat pembuat pengalengan yang bagus, karena ini membuat pengalengan lebih mudah dan lebih efisien.

 Anda juga harus mempertimbangkan belajar bagaimana untuk membuat acar makanan (asinan). Seperti pengalengan, pengawetan makanan dapat sangat berguna di musim kemarau panjang ketika produk segar langka.

7. Membuat produk turunan
Jika Anda memiliki sapi atau kambing, Anda akan perlu belajar bagaimana membuat susu ke produk turunan  susu yang dapat dinikmati oleh seluruh keluarga (atau dijual di pasar petani) Membuat mentega, keju, yoghurt , atau es krim, dan menikmati susu segar yang ternak anda hasilkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar