Jumat, 21 Oktober 2016

Biota Tanah

setelah puyeng baca ilmu tanah, karena banyak istilah yg bikin dahi berkerut2, sekarang masuk ke bahasan yang lebih bikin dahi mengkerut, haha
kita ngomongin bangsa lelembut yuuk...nah yang suka maenan lelembut harusnya bisa sharing ke temen2 lainnya ya. supaya kita bisa kaya ilmu bersama. semoga...
Mengapa biota tanah itu penting?
biota tanah mengacu pada aspek kehidupan pada tanah yang memiliki cakupan sangat luas,contoh kehidupan ini misalnya cacing tanah,jamur dan mikroba.
sangat banyak sekali mahkluk hidup dan mikroorganisme yg hidup di tanah,keanekaragaman biota tanah ini menentukan seberapa baik kondisi tanaman bisa tumbuh di tanah.
pada tanah yang sehat terbentuk keseimbangan hidup biota tanah, yang sangat berperan baik dalam pertumbuhan tanaman.
perlu diingat bahwa jumlah tanaman yg tumbuh dengan baik di permukaan tanah akan sangat ditentukan oleh jumlah biota tanah yg hidup di bawahnya.
lalu bagaimana kita meningkatkan kehidupan biota tanah ini? pada dasarnya biota tanah ini sama seperti tanaman yang tumbuh di atasnya, biota tanah memerlukan kondisi tanah yg baik.
berikut adalah syarat yg dibutuhkan biota tanah untuk bisa hidup dengan baik :
1. tanah harus lembab,tidak terlalu kering tetapi juga tidak terlalu basah.
2. tanah itu hangat, memiliki temperatur ideal antara 15 - 25 derajat celcius.
3. pH tanah netral idealnya pH 6,0 - PH 7,0
4. adanya suply makanan bagi organisme untuk bisa hidup, bahan organik merupakan makanan yg baik, seperti tumbuhan yg sudah mati, bangkai hewan, dll. seperti kita mereka tidak bisa hidup tanpa asupan makanan.
5. tanpa adanya cemaran racun kimia, seperti pestisida, insektisida, fungisida, herbisida, dan obat-obatan yg terkandung dalam urin ( misalnya antibiotik ) nah yang sering mipisin tanaman harus sedang tidak mengonsumsi obat yg mengandung antibiotik dan sejenisnya ya. ingat itu.
keuntungan dari mengelola biota tanah
yang sudah pasti keuntungan mengelola biota tanah bagi kita adalah lahan kita akan menjadi lebih produktif.
berikut beberapa keuntungan dari terjaganya biota tanah
1. lahan dan tanaman akan lebih sehat karena penyakit tanaman lebih sedikit dan nutrisi tersirkulasi dgn baik sehingga tanaman tumbuh dengan sehat.
2. hewan dan ternak akan hidup sehat karena mereka mendapat asupan makanan berupa tanaman yg sehat.
3. manusia akan mendapat asupan makanan berupa ternah yg sehat pula.
4. menekan biaya produksi karena tidak mengeluarkan budget tinggi untuk membeli bahan kimia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar