Jumat, 21 Oktober 2016

Nutrisi Tanaman

SUMBER NITROGEN
1. Alfafa : N-P-K 2-1-3
2. Kotoran kelelawar ( guano ) N-P-K 10-3-1
3. Darah hewan N-P-K 12-0-0
4. Biji kapas dan kapuk N-P-K 6-0,4-1,5
5. Tepung jagung/ maizena N-P-K 9-0-0
6. Pakan unggas N-P-K 7 sd 12-0-0
7. Emulsi ikan N-P-K 5-2-2
8. Pakan ikan N-P-K 1--6-2
9. Rambut manusia N-P-K 18-0-0
10.Urin manusia N-P-K 15-2-2
12.Susu kedelai N-P-K 7-2-1
SUMBER PHOSPOR
1. Tulang hewan N-P-K 3-15-0
2. Batuan phospat N-P-K 0-2,5-0
3. Cangkang kepiting atau lainnya N-P-K 2-3-0
SUMBER POTASIUM/KALIUM
1. abu dari kayu yg dibakar N-P-K 0-1-3
KALSIUM
1. kapur kalsium
2. kapur dolomit, penambahan kapur dolomit harus bijak, jangan sampai tanah kelebihan magnesium, yg berefek pada efisiensi nutrisi lainnya, ingat bahwa ada beberapa nutrisi yg kontra jika jumlahnya tidak seimbang.
SUMBER NUTRISI MIKRO
1. kulit udang N-P-K 5-8-15
2. rumput laut N-P-K 1-0-4
nah itu adalah beberapa contoh bahan alami yg bisa kita manfaatkan, tentunya ini hanya sebagian kecilnya saja, masih sangat banyak bahan lain yg bisa dimanfaatkan, silahkan bereksperimen dan berkreasi sendiri ya..
selanjutnya mari kita belajar bersama tentang biofertilizer, lanjut ya..
banyak para pekebun atau petani kekinian - saya pinjam istilah abg jaman sekarang ya? " kekinian " - yang memanfaatkan agen hayati dalam bercocok tanam.
pemanfaatan agen hayati atau mikroba dan jamur ( kita di kepo biasa menyebutnya lelembut ) yg menghasilkan nutrisi bagi tanaman.
berikut beberapa agen hayati itu diantaranya :
PENGHASIL NITROGEN :
1. Rhizobia dan Frankia ( menghasilkan nitrogen ) kedua bakteri ini bersimbiosis dgn tanaman untuk menghasilkan nitrogen di dalam tanah.
2. Azotobacter dan Azospirillum ( menghasilkan nitrogen ) bakteri ini tidak membutuhkan simbiosis dengan tanaman untuk menghasilkan nitrogen dalam tanah.
PHOSPHOR
bakteri pelarut phospat diantaranya : Bacillus megaterium var. phosphaticum, Basillus subtilis, Bacillus sirculans, Pseudomonas striata.
bakteri ini disebut dengan istilah phosphobacterins.
jamur pelarut phospor diantaranya :spesies Penicillium dan Aspergillus awamori.jamur ini memecah phosphor di dalam tanah dan menyediakannya untuk tanaman.
JAMUR MYCHORRIZA
jamur ini menyediakan phospor, tembaga, seng, molibdenum, dan nitrogen bagi tanaman.
memiliki hifa yg panjang dan membantu akar tanaman menemukan nutrisi yg tidak dapat dijangkau oleh akar itu sendiri.
PLANT GROWTH PROMOTING RHIZOBACTERIA ( PGPR )
rhizobateria adalah bakteri yg berkoloni pada akar tanaman dan menjalin hubungan simbiosis dgn tanaman. peran utamanya adalah membantu jamur mycorrhiza menyediakan phospor bagi tanaman.
KOMPOS, kandungan NPK nya bervariasi tergantung bahan pembuatnya. pada dasarnya kompos bukanlah pupuk, tetapi dalam kompos mengandung banyak humus dan mikroba, aktivitas mikroba inilah yang berperan menyuplai nutrisi pada tanaman.
KASCING, kotoran cacing memiliki nutrisi tinggi yang dibutuhkan tanaman. Kascing hampir seperti pupuk perannya pada tanaman bahkan memiliki nilai lebih dari sekedar pupuk biasa, mengapa? karena kascing juga mengandung mikroba.
MANURES ( kotoran hewan ), dalam kehidupan modern saat ini, penggunaan kotoran hewan harus lebih berhati-hati karena pemberian hormon, antibiotik dan obat-obatan pada hewan ternak, dimana zat tersebut masih terkandung dalam kotorannya. Jadi pastikan kotoran hewan yang akan anda gunakan benar-benar telah menjadi kompos dan diproses dengan benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar